Rabu, 29 Januari 2014

#29 : Silaturahmi

Aku berlindung kepada Allah dari godaan syetan yang terkutuk
Bismillahir rahmaanir rahiim

 
Maka apakah kiranya jika kamu berkuasa  kamu akan membuat kerusakan di muka bumi dan memutuskan hubungan kekeluargaan? Mereka itulah orang-orang yang dila'nati Allah dan ditulikan-Nya telinga mereka dan dibutakan-Nya penglihatan mereka
(QS Muhammad : 22-23)


Jadi benar, memelihara hubungan silaturahmi itu adalah perintah Allah.  Bukan saja dengan keluarga dekat, melainkan pula dengan keluarga jauh (baik secara lokasi ataupun secara garis keturunan), bahkan memelihara hubungan silaturahmi dengan tetangga dan sahabat. Perilaku tersebut adalah salah satu upaya manusia untuk memelihara keutuhan dan kedamaian dunia.

Semua perintah Allah sejatinya membahagiakan.
Coba, siapa sih yang tidak senang dan bahagia ketika berkumpul dengan keluarga? Apalagi dengan mereka yang jarang bertemu. Wuihh .... kangen-kangenan dan obrolan mengalir gak henti-henti.

Ayat di atas, disandingkan antara membuat kerusakan dengan memutuskan hubungan kekeluargaan. Maka, hati-hati, jika anda memutuskan hubungan baik dengan siapa saja, maka sejatinya anda tengah membuat kerusakan di muka bumi. Rusaknya hubungan adalah cikal bakal tumbuhnya rasa curiga, rasa benci dan hilangnya rasa cinta. Yang demikian itu sangat dekat dengan munculnya perilaku buruk yang secara tidak disadari adalah merusak. Apa bedanya dengan merusak tatanan dunia yang damai dan melapangkan? Hanya saja kita seringkali tertipu dengan kata-kata pembelaan : 'ah sedikit, ini ...' atau 'aah ... buat pelajaran, sekali-kali dicuekin'

Silaturahmi akan menjaga perasaan satu sama lain saling terjaga dan terpelihara. Bilapun terjadi friksi, silaturahmi akan membuat masalah menjadi cair, sebab akan ada komunikasi yang biasanya membuat semua menjadi jelas. Pada akhirnya hubungan semakin erat dan terjalin saling memahami dan mengerti.

Sekali lagi, apapun ayatnya, semua perintah Allah adalah membahagiakan.
Mengapa kita sering lalai ...?

Bahkan Rasulullah saw telah bersabda :

Ada tiga orang yang tidak akan masuk surga :
pecandu khamar, pemutus silaturahmi dan yang mempercayai sihir
HR. Ibn Hibban

Naudzubillahi min dzalik ...

Maka, meski hanya via blog seperti ini, semoga kita termasuk orang yang memelihara silaturahmi, ya, sahabatku.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan tulis komentar anda, sobat. Terima kasih sudah mampir, ya ...