Jumat, 17 Januari 2014

#1Hari1Ayat : Hari ke 17 : Mencegah Keji dan Munkar


Indonesia adalah negeri dengan mayoritas Muslim. Selayaknya, gak banyak koruptor, dong!
Sebab Islam mengajarkan ummatnya untuk menjalankan Rukun Islam dan percaya akan Rukun Iman. Rukun Islam yang 5 dan Rukun Iman yang 6, bukan untuk dihafal, melainkan sebagai pedoman untuk amalan sehari-hari yang berakar pada kekuatan ruhani.

Sayang, kenyataannya jauh panggang dari api. Entah darimana awal kesalahannya. Yang jelas, banyak umat Islam Indonesia yang bukannya tidak faham ajarannya, melainkan tidak fasih amalannya. Ayat-ayat Allah dengan lancar dibaca, dengan pintar ditafsirkan, tetapi gagal diimplemenatsikan dalam keseharian. Lihatlah, berapa banyak koruptor yang penampilannya mencerminkan bahwa dia orang yang alim. Berapa banyak pengusaha yang terjebak pada praktek suap demi melancarkan tendernya. Berapa banyak pula pejabat yang tersandung kasus jual beli jabatan. Mayoritas mereka adalah Muslim, yang pasti, menjalankan Rukun Islam dengan komplit. Mereka adalah pelaksana sholat lima waktu.

Padahal seharusnya, bila sholat itu bukan dikerjakan, melainkan ditegakkan bagai penopang bangunan yang kuat, maka sholat itu akan mampu mencegah kita melakukan hal-hal yang keji dan mampu mencegah kemunkaran. Sebagaimana firman Allah dalam Al-quran :

 
Bacalah apa yang telah diwahyukan kepadamu, yaitu Al Kitab (Al-Qur'an) dan dirikanlah shalat. Sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan-perbuatan) keji dan mungkar. Dan sesungguhnya mengingat Allah (shalat) adalah lebih besar (keutamaannya dari ibadat-ibadat yang lain). Dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan
(QS. Al-Ankabut : 45)


Maka, ketika sholat kita jadikan sebagai sarana komunikasi dengan Allah, ketika sholat adalah saat mi'raj kita sebagai orang beriman, ketika sholat tak hanya dilakukan sebagai sebuah ritual semata, Sholat itu akan benar-benar mengerem dorongan buruk kita sebagai makhluk lemah. Sholat akan benar-benar mampu melakukan sistemnya, yakni mencegah perbuatan keji dan munkar.

Maka bila kita ingin selamat, perbaiki niat dan sempurnakan sholat.

Wallahu alam ...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan tulis komentar anda, sobat. Terima kasih sudah mampir, ya ...